RAKOSA STREAMING
RAKOSA NEWS FEED

Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Selenggarakan Sarasehan Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia

Release Date : 17 Maret 2021
Yogyakarta dikenal erat dengan kultur budaya, adat istiadat serta tradisi turun temurun yang masih terjaga sampai sekarang ini. Masyarakat Kota Yogyakarta juga dikenal sangat menghargai para leluhurnya. Ada ajaran budaya leluhur yang telah menginternalisasi dalam prinsip kehidupan keseharian masyarakat. Hal itu terwujud dalam bentuk aliran kepercayaan yang diyakini oleh sebagian masyarakatnya.  
 
Sebagai wujud perlindungan, penghormatan dan pemenuhan hak asasi manusia terhadap semua warga, Pemerintah Kota Yogyakarta berkomitmen merangkul kelompok-kelompok masyarakat yang berada di wilayah Kota Yogyakarta. Selain itu, Pemerintah Kota Yogyakarta juga berupaya melakukan pembinaan terhadap masyarakat penganut aliran kepercayaan agar berjalan selaras dengan Pancasila, undang - undang dan peraturan lain yang berlaku. 
 
Sarasehan Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta,  mempunyai maksud dan tujuan agar terjadi komunikasi yang harmonis antara penganut aliran  kepercayaan dengan stakeholder terkait. 
 
"MLKI sebagai wadah bagi para penghayat terhadap Tuhan Yang Maha Esa untuk memberikan ruang dalam menjalankan kepercayaan masing-masing. Kita terus  merangkul warga masyarakat yang menjadi bagian dari MLKI. Harapannya mereka dapat menjalankan tradisinya dengan baik,” jelas Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Yetti Martanti, S.Sos. MM. 
 
“Saya juga berharap melalui agenda sarasehan ini akan semakin memperkokoh semangat persatuan, mewujudkan masyarakat Yogyakarta yang berbudaya luhur, serta tata kehidupan yang rukun damai,” jelasnya lebih lanjut. 
 
Di Yogyakarta sendiri setidaknya tercatat  14 aliran kepercayaan yang terhimpun dalam wadah organisasi MLKI. 
 
Agenda ini dilaksanakan di Hotel Jambuluwuk, Senin 15 Maret 2021.