RAKOSA STREAMING
RAKOSA NEWS FEED

PRANGKO KEPANDUAN BANYAK DIMINATI KOLEKTOR

Release Date : 14 Agustus 2020
Kepanduan dinilai dapat menggerakkan para pemuda di seluruh Dunia , dan hal ini menjadi dasar hampir semua negara menerbitkan prangko seri Kepanduan.
 
 
Kepanduan di Indonesia dikenal dengan nama Pramuka sangat populer dikalangan peserta didik.  
 
 
Di Indonesia sendiri 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka yang sebelumnya dikenal dengan nama gerakan kepanduan. Gerakan kepanduan memiliki sejarah panjang di  International dan mempunyai sebutan internasional yaitu Scouting atau Scout Movement. 
 
 
Tahun ini peringatan Hari Pramuka ke-59 menjadi momen penting dimana upacara hari pramuka diadakan dengan tatanan baru sesuai protokol kesehatan baik tingkat Gugus Depan  sampai Kwartir Nasional. 
 
 
Selama pandemi,  mengoleksi Prangko menjadi tren tersendiri dikalangan Aktifis  dan Peserta Didik Pramuka untuk mengoleksi benda Filateli seri Kepanduaan. Tak hanya Prangko saja, Carik Kenangan, Sampul Hari Pertama, Sampul Peringatan, Sampul Surat, Kartupos atau benda keluaran administasi pos merupakan benda filateli.  Benda Filateli tema Kepanduan tak hanya diminati kolektor Indonesia saja tetapi juga internasional baik  anggota kepanduan di negaranya masing-masing atau masyarakat umum.
 
 
Bambang Pamungkas , aktifis Pramuka sekaligus pembina Pramuka di Yogyakarta telah mengoleksi benda filateli seri kepanduan  sejak SMP atau tingkat Penggalang. "Saya meminati prangko atau benda filateli saat saya ikut uji kecakapan khusus pramuka dan keterusan sampai sekarang dan saya saat ini mengarahkan kepada para binaan saya untuk mengikuti uji kecakapan tentang Filateli di Pramuka" ungkapnya. 
 
 
Lain halnya Sudjono AM, Pembina Pramuka di Pekanbaru Riau dan telah bermukim di Jakarta serta masih berkegiatan di Gugus Darma Pramuka mengajak belajar kembali dengan benda unik dan spesial yaitu Prangko "Selama saya di rumah saja dan mengisi waktu purna, saya mengajak para aktifis dan peserta didik pramuka yang saya kenal di beberapa kota di Indonesia untuk menata kembali koleksi filateli dan belajar lagi dan mengkhususkan tema Pramuka dan diskusi aktif diikuti secara daring. Agar para Pramuka kembali menjadikan Filateli juga sebagai hobi yang asik serta positif" ungkap Sudjono.
 
 
Gita Noviandi Sekretaris Jenderal Perkumpulan Filatelis Indonesia berhasil membawa pulang Medali Emas di Singapura tahun 2016 dengan tema Pramuka dengan Judul koleksi "One World, One Promise". "Saya mengoleksi Benda Filateli hampir seluruh dunia dan tentang Pramuka. Dimulai dari benda filateli yang menujukan mulai dari sejarah kepanduan, Bapak Pandu sedunia Lord Baden Powell, Bapak Pandu Indonesia Sri Sultan Hamengkubuwono IX, kecakapan pramuka, aktifitas dan nilai nilai positif pramuka melalui benda filateli". papar Gita Noviandi yang berdomisili di Bandung.
 
 
GKR Mangkubumi Ketua Kwartir Daerah DIY menambahkan "Saya sangat mendukung para Pramuka di Indonesia dan khususnya di D.I.Yogyakarta untuk mendokumentasikan sejarah Pramuka melalui Filateli, Karena belajar dengan media Prangko atau lebih dikenal dengan Filateli menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri untuk kita, apalagi mengenal kepanduan dengan Filateli menjadikan pengetahuan kita semakin matang tentang Pramuka".
 
Indonesia sangat sering menerbitkan Prangko seri Pramuka karena mengingat pentingnya Kepanduan di Indonesia. Seri kepanduan Indonesia atau Pramuka tercatat telah terbit 19 kali dari  mulai tahun 1955 - 2019.