RAKOSA STREAMING
RAKOSA NEWS FEED

GREBEG UMKM ANTARKAN PRODUK UMKM DIY ‘’GO EKSPOR’’

Release Date : 4 September 2020

Palem Craft Jogja, produsen home décor, menjadi mitra binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (BI DIY) sejak tahun 2017, tepatnya di event Grebeg UMKM DIY pertama di 2017. Memperhatikan performanya yang mampu menjaga kualitas produk, kapasitas produksi dan kontinyuitas, Palem Craft terus menjadi mitra binaan BI DIY dan mendapatkan pendampingan sesuai dengan kebutuhannya.

Sebagai rangkaian dari Bussiness Matching : Grebeg UMKM DIY ke-4 2020, Palem Craft berhasil memperoleh kontrak kerjasama dengan buyer dari Eropa, khususnya Belgia dan Perancis. Pada tanggal 3 September 2020, akan dilakukan Seremoni Penglepasan produk UMKM Palem Craft ke pasar Eropa. Kegiatan ini akan dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY beserta jajaranPemda DIY, Kepala Perwakilan BI DIY dan perbankanDIY.

Grebeg UMKM DIY telah memberikan dampak dan manfaat yang baik bagi UMKM Mitra BinaanBI DIY dan Pemerintah Daerah DIY. Mempertimbangkan dampak dan manfaatnya, Grebeg UMKM DIY menjadi annual event yang dipersembahkan untuk meningkatkan usaha UMKM dan membuka akses DIY. Rangkaian kegiatan Grebeg UMKM DIY 2020 antara lain; Premium ExpoUMKM DIY, Webinar Series UMKM, QRIS Class, Business Matching, Fashion Show, Talk Show dan lainnya. Melalui Grebeg UMKM DIY, produk UMKM yang berkualitas  dan berpotensi ekspor dapat terseleksi dan terdata dengan baik, sehingga dapat didorong untuk ‘naik kelas’ dan mendukung sektor pariwisata dan ekspor DIY.

‘’Dengan mengikuti GREBEG UMKMDIY yang diinisiasi BI DIY, PalemCraft mendapatkan banyak keuntungan. Berbagai pendampingan dan fasilitasi membuka akses pasar Palem Craft. Pada 2019, Palem Craft mendapat order pertama dari Bazar Bizardan sampai dengan awal September 2020, telah dilakukan pengiriman barang sebanyak 6 kali. Adapun produk yang menjadi favorite adalah lampu, mirror dan wall deco’’, ujar Deddy Effenfy, pemilik Palm Craft. ‘’Setelah mengikuti Trade Expo Indonesia (TEI) 2019 yang difasilitasi BI DIY, akhirnya Palem Craft berhasil merambah pasar Perancis, sehingga jangkauan ke pasar Eropa semakin luas’’, tambahnya.

Mengambil filosofi pohon palem yang tiap bagiannya bermanfaat, UMKM asli Yogyakarta ini berfokus mencipta dekorasi rumah berbahan alami. Mengolah 100% bahan lokal, Palem Craft berhasil melakukan pemberdayaan dan mensejahterakan masyarakat sekitar. Serat batang pisang, rumput rayung, bambu, ranting kayu, biji mahoni hingga kulit kerang, yang sebenarnya adalah limbah, mampu diolah produk kriya berkualitas. Desainnya yang berkualitas dan eksklusif, sertifikasi legalitas bahan dan komitmennya menjaga lingkunan membuat Palem Craft tampil percaya diri di pasar luar negeri.

Di masa pandemi Covid-19, Premium ExpoUMKM DIY2020 disajikan dalam kemasan yang berbeda. Produk UMKM premium DIY ditampilkan secara virtual melalui www.grebegumkmdiy.com. Website ini ke depan akan menjadi show case Produk UMKM premium DIY yang telah lolos kurasi dari Bank Indonesia DIY bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM DIY. Website ini akan menjadi meeting point antara Owner UMKM DIY dan potential buyer. Disini, produk UMKM premium DIY ditampilkan melalui visual yang memanjakan mata (lebay ik aku… menuju jam 22.00)